Monday 18 April 2016




SEJARAH RINGKAS PESANTREN

Pada tahun 1926, AlmarhumTgk. H. Abdul Wahab mendirikan Dayah Salafi di desa Keunaloi – Seulimum Kabupaten Aceh Besar. Pada tahun 1932, dayah Salafi berkembang menjadi Pesantren Terpadu dengan menggunakan tujuh ruang kelas yang diberi nama Pergoeroean Islam Keunaloi . Disamping Ilmu Agama, para santri di Pesantren Terpadu juga diajarkan ilmu umum seperti aljabar, geografi, bahasa, dan lain sebagainya. Pada tahun 1946, pesantren terpadu menjadi Sekolah Rakyat Islam (SRI) yang kemudian diubah menjadi Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) oleh Pemerintah. Ruang belajar dipakai untuk dijadikan MIN Keunaloi seulimum hingga tahun 1980. Sejak saat itu gedung pesantren tidak berfungsi sampai tahun 1998.
 Pada tahun 1998, dibentuk  Yayasan Tgk. H. Abdul Wahab Keunaloi dibawah  pembinaan Ir. H. Azwar Abubakar dengan modal 7 ruang kelas, 1 balai pengajian (1926) diatas tanah 5000 meter persegi. Pada awal pembentukan yayasan Tgk. H. Abdul Wahab, kegiatan belajar mengajar dimulai dengan pendidikan Alquran  seperti TPA, TQA dan berkembang menjadi Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah yang diberi nama Pesantren Al Kamal. Pada tahun 2001, sesuai dengan banyaknya anan-anak korban konflik dan anak kurang mampu nama berubah menjadi pesantren terpadu Darul Aitam Al Kamal.  Berkat bantuan berbagai pihak, fasilitas pesantren saat ini sudah memilki 5 blok asrama yang bisa menampung lebih kurang 400 Santri, 9 ruang belajar, 1 perpusatakaan, 5 ruang laboratorium dan mesjid dalam proses pembangunan diatas tanah lebih 40.000 meter persegi.

Pada tanggal 18 Desemeber 2016, Yayasan Tgk. H. Abdul Wahab bekerja sama dengan Yayasan Inshafuddin dalam menjalankan pendidikan pesantren sehingga pesantren ini resmi diberi nama Pesantren Terpadu Al Kamal Inshafuddin Aceh. Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pesantren dalam mencetak para santri yang bukan hanya menguasai Ilmu Pengetahuan & Teknologi (IPTEK) saja tetapi juga memiliki Iman dan Taqwa (IMTAQ) yang nantinya siap melanjutkan estafet pembangunan bangsa menuju “Baldatun thayyibatun Warabbun Ghafur”. 

0 comments:

Post a Comment

DOWNLOAD

Download Perangkat Mengajar Lengkap Disini

VISI MTS AL-KAMAL INSHAFUDDIN ACEH

Mewujudkan MTs Al-Kamal sebagai suatu lembaga pendidikan yang unggul dalam mutu, mantap dalam Iptek dan imtaq, berakhlakul karimah dan mampu mengahadapi perkembangan zaman.

Biaya Pendaftaran dan Biaya Lainnya

Assalamualaikum Wr. Wb Diberitahukan kepada seluruh Dewan Guru, Wali Murid, Alumni Dayah Al-Kamal, dan Juga berbagai Pihak Terkait Dayah Al-Kamal. 1. Dayah Al-Kamal Inshafuddin Aceh Telah Membuka Pendaftaran Santri Baru Tahun Ajaran 2022/2023 2. Ada program Baru yaitu Diniah Tahfidz 3. Mengenai Biaya. - Baiaya Pendaftaran dan Formulir Rp. 100.000,- - Uang Gedung/ Pangkal Rp. 1.000.000,- - Biaya Makan Perbulan Rp. 400.000,- - Sumbangan biaya pendidikan Rp. 100.000,- perbulan 4. Kepada Seluruh dewan guru, para Alumni dan berbagai pihak terkait, di mohon bantuannya untuk menginformasikan hal diatas kepada kerabat, tetanggga, dan masyarakat sekitar. 5. Dengan dukungan dari kita semua maka Insyaallah Dayah Al-Kamal akan lebih maju lagi, Amin 6. Kami atas nama pengurus Dayah Al-Kamal mengucap terimakasih yang tak Terhingga bagi para dewan guru dan Alumni yang terus berusaha membantu dan memperjuangkan kelangsungan pendidikan di Dayah Terpadu Al-Kamal Inshafuddin Aceh. Demikian Mohon Bantuannya untuk menyebarkan informasi diatas dan juga membantu memberikan informasi positif tetang Dayah Al-Kamal Inshafuddin Aceh TTD Panitia PSB 2022

Total Pageviews

MTs Al-Kamal. Powered by Blogger.

About Me

Visit Us

Social Media Sharing by CB Bloggerz

Popular Posts