Nio
Gwan Chung (Dr. M. Syafii Antonio, M.Ec) dalam bukunya Muhammad SAW The Super
Leader Super Manager menuliskan 20 metode dan teknik pengajaran sebagai
'holistic learning methods', yaitu :
1.
Learning
conditioning (meminta diam untuk mengingatkan, menyeru secara langsung dan
perintah untuk menyimak dan diam dengan cara tidak langsung);
2.
Active
interaction (interaksi pendengaran : teknik berbicara, tidak bertele-tele pada
ucapan dan tidak terlalu bernada puitis, memperhatikan intonasi, diam sebentar
ditengah-tengah penjelasan; interaksi pandangan : eye contact dalam mengajar,
memanfaatkan ekspresi wajah, tersenyum);
3.
Applied-learning
(metode praktikum yang diterapkan oleh guru dan yang dilakukan oleh siswa);
4.
Scanning
and levelling (memahami siswa secara individu sesuai tingkat kecerdasannya);
5.
Discussion
and feed-back (metode yang logis dalam memberikan jawaban dan membuat contoh
sederhana yang mudah dipahami);
6.
Story
telling (bercerita);
7.
Analogy
and case study (memberikan perumpamaan dan studi kasus nyata di sekitar
kehidupan);
8.
Teaching
and Motivating (meningkatkan gairah belajar dan rasa keingintahuan yang
tinggi);
9.
Body
language (membuat penyampaiannya bertambah terang, lebih pasti dan jelas;
menarik perhatian pendengar dan membuat makna yang dimaksud melekat pada pikiran; mempersingkat waktu);
10.
Picture
and graph technology (penjelasan diperkuat dengan gambar atau tulisan);
11.
Reasoning
and argumentation (mengungkapkan alasan akan memperjelas sesuatu yang sulit dan
berat agar dipahami oleh siswa);
12.
Self
reflection (memberi kesempatan kepada siswa untuk menjawab sendiri suatu
pertanyaan agar siswa dapat mengoptimalkan kerja otak dan mengasah pikiran);
13.
Affirmation
and repetition (pengulangan kalimat dan ucapan nama);
14.
Focus
and point basis ( menggunakan teknik berdasarkan rumusan-rumusan besar atau
poin akan membantu siswa dalam menyerap ilmu dan menjaganya dari lupa);
15.
Question
and answer metodh (teknik bertanya untuk menarik perhatian pendengar dan
membuat pendengar siap terhadap apa yang akan disampaikan kepadanya);
16.
Guessing
with question (penting untuk memperkuat pemahaman dan memperbesar
keingintahuan);
17.
Encouraging
student to ask (guru memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa untuk
berani mengajukan pertanyaan : bertanya dapat menghapus kebodohan serta
memperbaiki pemahaman dan pemikiran dan menjadi alat evaluasi guru atas cara
penyampaian pelajarannya);
18.
Wisdom
in answering question (menyikapi orang-orang yang mengajukan pertanyaan sesuai
dengan tingkat pengetahuannya; menyikapi si penyanya dengan sikap yang
bermanfaat baginya);
19.
Commenting
on student question (memberikan komentar terhadap jawaban siswa);
20.
Honesty
(seorang guru harus menanamkan sikap mulia berani mengakui ketidaktahuan ke
dalam diri siswanya. ucapan 'aku tidak tahu adalah bagian dari ilmu')
0 comments:
Post a Comment